#
Jumat, 11 Oktober 2013

06.24
Kahyangan api adalah salah satu obyek wisata yang berada di kabupaten Bojonegoro. Secara administratif berada di desa Sendangharjo, kecamatan Ngasem, kabupaten Bojonegoro. Tapi secara pengelolaan hutan berada di wilayah Perhutani Rph Soko, Bkph Tengger, Kph bojonegoro.

Setelah kita memasuki gapura kita akan masuk kedalam dan melewati kawasan hutan jati yang menyejukan di setiap perjalanan kita, kita akan dibawa ke alam bebas dengan udara yang masih bersih dan segar sehingga sangat cocok melepaskan dari kepenatan dan kesibukan kerja sehari-hari kita. Setelah bebrapa lama kita akan memasuki lokasi dan kita masuk ke gapura kecil

Gerbang masuk lokasi
sources : travel.detik.com

Setelah kita melewati gapura kita akan disambut api abadi yang menyala-nyala dengan hebatnya. Inilah tujuan wisata utama kita yang berupa api yang tak kunjung padam. Api ini merupakan icon kabupaten bojonegoro.

Api abadi
sources : http://www.kidnesia.com/
Api abadi
sources : http://www.kidnesia.com/

Setelah kita puas melihat-lihat pesona dari api abadi kita dapat melanjutkan ke arah utara untuk melihat air blekutuk yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat mbah pande (resi yang dulu tinggal di kahyangan api) membuat berbagai macam alat mulai keris,alat-alat pertanian atau yang lainnya.

air blekutuk
sources : ivanindrayana.blogspot.com


Atau mungkin kita dapat beristirahat di pendopo atau sekedar membeli makanan atau minuman yang ada di warung-warung yang berjejer di sekitar area wisata.

Pendopo

Warung di kahyangan api
sources : ivanindrayana.blogspot.com


Di kahyangan pernah dilakukan penelitian yang di lakukan oleh universitas indonesia yang di pimpin oleh Dr. ali akbar dan menemukan bekas reruntuhan bangunan yang di duga mencapai ukuran 40 x 40 meter. Ketinggian bangunan ini belum dapat diketahui karena di kedalaman 50 cm masih terdapat lapisan-lapisan bata, tetapi air sudah menggenangi peremukaan kotak gali. Tinggi bangunan belum dapat diketahui, namun diperkirakan dahulu terdapat badan dan atap bangunan. Bahan bangunan yaitu batu karang berdasarkan peta geologi lembar bojonegoro terdapat di situs ini.

Situs purbakala di kahyangan api
sources : http://nationalgeographic.co.id/

Untuk turis luar daerah bojonegoro dapat melihat peta dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar