#
Sabtu, 12 Oktober 2013

07.54
Ternyata di bojonegoro terdapat sebuah desa yang hampir keseluruhanya warganya menjadi perajin gerabah, desa itu adalah desa Rendeng kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro. Di desa ini kita akan menjumpai gerabah yang sedang dijemur didepan rumah yang menegaskan bahwa desanya didominasi para perajin gerabah.

Sesampainya di lokasi desa rendeng kita akan disambut oleh para celengan yang berjajar rapi disetiap halaman depan rumah warga. Bentuk dan ukurannya bervariasi, mulai dari yang kecil sampai yanag menyerupai ukuranya sebenarnya. Bentuk gerabah yang dubuat mulai dari bentuk macan sampai yang berbentuk naga. Sebagian warga desa ini berprofesi sebagai perajin gerabah.

pengerjaan pun disebar antar warga yang satu dengan yang lainya, misalnya begini, untuk tahap awal, percetakan, ada sekelompok warga yang mengerjakan . lalu ketika bentuk yang diinginkan sudah jai, tahap selanjutnya akan dikerjakan oleh kelompok warga lain, begitu seterusnya hingga proses akhir. adapun pengirimanproduk gerabah ini sudah mencapai darah semaran, solo, ponorogo hingga madura.

Untuk para turis yang ingin mengetahui desa perajin gerabah satu-satunya di bojonegoro dapat mengikuti rute berikut :



View Larger Map

0 komentar:

Posting Komentar